Era Ekonomi Digital: Dimana Posisi Start up Indonesia?

By : E – Journal Division, Hima ESP, FEB Unpad

Istilah unicorn dapat disebut untuk mengukur tingkat kesuksesan sebuah start-up. Sebab, Keberadaan start-up di era digital sudah tak dapat lagi dipandang sebelah mata. Karena, berbagai start-up telah terbukti berhasil mengimbangi kesuksesan perusahaan-perusahaan besar lain. start-up yang memiliki valuasi senilai USD 1 miliar (sekitar Rp 13,1 triliun) atau lebih. Seperti dilansir Venture Beat, saat ini terdapat 229 startup yang masuk dalam kategori unicorn.
Di Indonesia sendiri telah memiliki 4 perintis unicorn startup yang mulai dilirik oleh para investor asing dengan valuasi diatas USD 1 Miliar (Rp 13,8 triliun) di antaranya yaitu Tokopedia dengan valuasi sebesar Rp 50 triliun, Gojek dengan valuasi sebesar Rp 40 triliun, Traveloka dengan valuasi sebesar Rp 26 triliun serta Bukalapak dengan valuasi sebesar Rp 15 triliun. Dari 11 negara di Asia Tenggarat, Indonesia berada di posisi teratas yang punya banyak startup unicorn. Posisi kedua diduduki oleh Singapura, berikutnya Filipina dan Viet Nam.
Terkait dengan perkembangan start-up unicorn, Jokowi mengatakan pemerintah telah sangat mendukung bagi perusahaan rintisan (startup) Indonesia berkembang. Menurutnya, dukungan infrastruktur dan regulasi diharapkan menumbuhkan unicorn baru di Tanah Air.
“Kita bangun Palapa Ring, Barat dan Tengah 100 persen selesai, Timur 90 persen selesai. Selain itu, sistem 4G, kita teruskan sampai akhir tahun ini kabupaten kota tersambung,” ujarnya saat debat kedua capres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).
Ia juga mengatakan, dengan unicorn terbanyak memberi manfaat usaha kecil untuk masuk ke pasar global. “Indonesia memiliki unicorn terbanyak di Asia Tenggara yang telah memberikan manfaat bagi jutaan usaha kecil untuk masuk pasar nasional regional serta global,” kata Jokowi saat pidato ‘Optimisme Indonesia Maju’ Konvensi Rakyat, di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019).

Sumber :
[1] https://www.merdeka.com/uang/inilah-pengertian-unicorn-yang-disebut-jokowi.html
[2] https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4441911/jokowi-beberkan-untungnya-ri-punya-unicorn-terbanyak-di-asean

HIMA ESP FEB Unpad 2019
#TheRealEconomics
#WeAreOne

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s