Iuran BPJS naik 100 %, Bagaimana

By : Economics Journal Division, Hima ESP FEB, Unpad

Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma’ruf menyampaikan bahwa kenaikan iuran tersebut akan berlaku mulai 1 Januari 2020. Penjelasan mengenai kenaikan iuran BPJS Kesehatan sebesar 100 persen terangkum dalam Pasal 34 Perpres Nomor 75 Tahun 2019.

Penyebab iuran BPJS naik pada 2017 membengkak menjadi Rp13,8 triliun, tak tinggal diam pemerintah pada saat itu menyuntik lagi dana kepada BPJS kesehatan sebesar Rp3,6 triliun. Demikian pula 2018 defisit sebesar Rp19,4 triliun dan 2019 yang diprediksi akan lebih besar. Kemudian, penyebab munculnya kenaikan iuran BPJS Kesehatan karena banyaknya masyarakat yang menunggak. Ada sekitar 15 juta peserta jaminan kesehatan menunggak pembayaran iuran. Hal tersebut menjadi salah satu penyumbang defisit BPJS kesehatan tahun ini sebesar Rp28,5 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku akan segera menggelontorkan dana kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebesar Rp 14 triliun. Dana tersebut merupakan selisih pembayaran kenaikan iuran peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Peserta Penerima Upah (PPU) yang dibayarkan pemerintah. “Akan kami bayarkan. Sekitar Rp 14 triliun. Nanti kami akan lihat lagi (anggarannya) karena kami juga bayar untuk daerah” ujar Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (31/10).

Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional atau DJSN Tubagus Achmad Choesni memperkirakan ada sejumlah dampak yang akan ditimbulkan oleh kenaikan iuran BPJS Kesehatan. “Untuk dampak negatif, pertama ada calon peserta yang enggan mendaftar ke BPJS Kesehatan” kata Tugabus di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 6 November 2019. Dampak kedua ialah adanya migrasi atau perpindahan kelas yang dilakukan sejumlah peserta. Peserta kelas I diperkirakan akan bergeser ke kelas II, kelas II berpindah ke kelas III, dan kels III akan bermigrasi menjadi peserta penerima bantuan iuran atau PBI. Selanjutnya, Tubagus memperkirakan bakal terjadi peningkatan jumlah peserta BPJS Kesehatan yang non-aktif. Di sisi lain, kenaikan iuran BPJS Kesehatan memiliki dampak positif. Tubagus mengatakan dampak tersebut meliputi adanya kualitas peningkatan layanan peserta. Ia juga memperkirakan ada keberlanjutan program jaminan kesehatan.

Sources:
https://www.kompas.com/tren/read/2019/10/30/085838165/sah-iuran-bpjs-kesehatan-naik-100-persen-mulai-1-januari-2020?page=all
https://www.merdeka.com/uang/uran-bpjs-kesehatan-naik-dua-kali-lipat-ini-penyebab-dan-dampaknya.html
https://katadata.co.id/berita/2019/10/31/iuran-naik-sri-mulyani-segera-bayar-rp-14-triliun-ke-bpjs-kesehatan
https://bisnis.tempo.co/read/1268734/iuran-bpjs-kesehatan-naik-dirut-klaim-rakyat-miskin-dijamin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s