ECONOMIC ANALYSIS #5:MONTY HALL PROBLEM : THE SMARTER YOU CHOOSE, THE BETTER YOUR CHANCES OF WINNING

MONTY HALL PROBLEM : THE SMARTER YOU CHOOSE, THE BETTER YOUR CHANCES OF WINNING

Oleh: Josua Budi Pangaribuan e!16

Ilmu Ekonomi, menurut Jack Hirshleifer, adalah  studi tentang keputusan dalam memilih di antara berbagai tindakan yang mungkin diambil, atau ilmu ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi bila keputusan bermacam-macam orang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Dengan kata lain, Ilmu Ekonomi ialah ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengambil keputusan (Science of choice)

Dalam mengambil keputusan, individu dihadapkan pada berbagai macam masalah/pertimbangan yang membuat terhambatnya dalam mengambil keputusan. Salah satunya adalah pertimbangan kesempatan untuk memperoleh sesuatu. Ketika individu mengambil keputusan, begitu banyak keputusan-keputusan yang ia buang hanya untuk keputusan yang mungkin tidak lebih baik dari keputusan-keputusan yang ada (Opportunity cost).

Peluang (Opportunity) adalah salah satu metode dalam mengambil keputusan. Dengan menggunakan peluang, seseorang dapat mengukur kepercayaannya dalam mengambil keputusan yang baik ataupun keputusan yang buruk, sehingga peluang mampu mengemas Ilmu Ekonomi dalam mengambil keputusan yang lebih baik.

Let’s Make a Deal adalah program televisi game show yang didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1963 dan sudah diikuti oleh oleh beberapa program televisi di dunia, salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia sendiri, acara permainannya adalah Super Deal 2 Miliar, yaitu di channel ANTV. Let’s Make a Deal atau Super Deal 2 Miliar menawarkan sebuah permainan. Pembawa acara akan memilih beberapa orang yang beruntung untuk mengikuti sebuah permainan. Pemenang dari permainan ini akan masuk ke babak trading area. Di babak trading area inilah, kontestan akan saling tukar hadiah, antara hadiah yang telah dimiliki kontestan dengan hadiah yang ditawarkan pembawa acara. Tawar-menawar akan terus dilakukan hingga tidak ada lagi hadiah yang dapat ditawarkan. Hadiah yang dimenangkan dapat berupa uang tunai, barang berharga, perabot rumah tangga, alat transportasi, atau zonkZonk adalah hadiah terburuk dalam kuis Super Deal 2 Milyar, umumnya berupa barang-barang bekas. Babak trading area ini akan berlangsung 4 sampai 6 segmen tiap episode. Pada setiap segmen, pembawa acara (selalu) menawarkan kontestan untuk memilih salah satu dari 3 tirai.

Dalam acara ini, terdapat masalah yang menimbulkan para kontestan dalam mengambil keputusan, sehingga membuat matematikawan merasa tertantang untuk menganalisis kasus tersebut. Masalah tersebut ialah apakah kontestan bertahan atau menukarkan tirai yang ia miliki sekarang? Masalah ini disebut dengan Monty Hall Problem.

Sumber : https://betterexplained.com/articles/understanding-the-monty-hall-problem/

#ECOANALYSIS
#RESEARCHDIVISION
#HIMAESPFEBUNPAD
#60YearsofFEBUnpad
#LeadingandInspiring

1.13456789.1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s