FYEI: Panama Papers, Apa Itu?

untitled-infographic-conflict-copy-conflict-copy

Penjelasan singkat seputar dunia offshore:

1. Perusahaan terselubung (shell companies)
Perusahaan terselubung adalah sebuah struktur korporasi yang bisa digunakan untuk menyembunyikan kepemilikan aset perusahaan. Sang pemilik biasanya menyewa orang untuk berperan sebagai manajemen perusahaan.

2. Pusat keuangan offshore (offshore financial centre)
Pusat keuangan offshore merupakan tempat transaksi keuangan rahasia di luar negeri. Pengusaha menyimpan dana mereka di sini. Biasanya pusat keuangan terletak di negara kepulauan yang kecil.

3. Saham dan obligasi atas nama (bearer shares and bonds)
Saham dan obligasi atas nama merupakan solusi untuk menyembunyikan kepemilikan perusahaan dan cara mudah memindahkan uang dalam jumlah besar dengan mudah.

4. Pencucian uang
Pencucian uang termasuk membersihkan uang “kotor” agar dapat digunakan tanpa memunculkan kecurigaan. Koruptor yang memiliki banyak uang tunai dapat mengirim uangnya ke offshore financial center. Di sana, uangnya dapat diubah ke obligasi atas nama dan dimiliki oleh perusahaan terselubung.

5. Sanksi
Sanksi merupakan salah satu upaya untuk menghukum dan membatasi kekuatan rezim. Sanksinya dapat berupa pembatasan perlengkapan perang atau amunisi, melarang ekspor minyak dan barang lain, hingga sanksi pribadi berupa penutupan akun bank.

6. European Savings Directive (ESD)
Negara-negara di Eropa mendirikan ESD untuk menghentikan upaya oknum untuk menyembunyikan uang dari pajak. Prinsipnya, bank di negara Eropa mengumpulkan pajak terhadap setiap akun yang dimiliki warga negara Eropa tersebut.

Fakta menarik setelah ESD diperkenalkan, terjadi peningkatan pembuatan rekening baru di luar Eropa. Salah satu wilayah yang meningkat permintaannya berada di Panama dan British Virgin Islands.

Sumber: CNN | VINDRY FLORENTIN

#ECOFO #RESEARCHDIVISION #HIMAESPUNPAD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s