ECONOMIC ANALYSIS #1: DUGAAN KARTEL HONDA DAN YAMAHA

Dugaan Kartel Honda dan Yamaha
Dua raksasa motor Honda dan Yamaha dituding melakukan kartel pasar skuter matic di Indonesia, kedua perusahaan tersebut saat ini menguasai pangsa pasar lebih dari 95%. Hal ini usai pihaknya mendapat bukti dokumen surat elektronik di mana kedua perusahaan melakukan komunikasi mengenai harga.
Kartel adalah kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi. Dampak dari kartel yamaha dan honda adalah konsumen tidak mendapatkan harga barang yang sesuai dengan kualitasnya.
Menurut KPPU, dengan biaya produksi skuter matic yang antara Rp 7-8 juta per unit, seharusnya kedua perusahaan menjual motor di kisaran harga kisaran Rp 12 juta per unit. Namun keduanya menetapkan harga Rp 15 juta per unit, bahkan di beberapa daerah mencapai Rp 16 juta per unit.
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menggelar sidang pemeriksaan pendahuluan kartel kedua perusahaan. Sidang perdana pertama kali ini digelar pada Selasa (19/7/2016), dengan agenda Pemeriksanaan Pendahuluan Perkara Nomor 04/KKPU-I/2016 terkait Dugaan Pelanggaran Pasal 5 Ayat (1) Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat dalam industri sepeda motor jenis skuter matik 110-125 cc di Indonesia, yang dilakukan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan PT Astra Honda Motor (AHM).

Dikatakan penyelidikan dilakukan selama 2 tahun tepatnya pada tahun 2013-2014. Setelah menemukan alat bukti, KPPU pun memaksa kedua perusahaan sepeda motor asal Jepang ini untuk turut hadir dalam pemeriksaan.
Apabila, nanti di persidangan kedua perusahaan ini terbukti melakukan kecurangan, pabrikan sepeda motor tersebut akan dikenakan sanksi administratif berjumlah Rp47,5 miliyar dengan rincian, Yamaha Rp25 miliar, sedangkan Honda lebih kecil berjumlah Rp22,5 miliar.
Sumber:
http://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3389080/kppu-segera-putuskan-perkara-kartel-motor-matic
https://www.merdeka.com/uang/5-fakta-mengejutkan-dugaan-kartel-motor-matik-oleh-honda-dan-yamaha.html
http://otomotif.kompas.com/read/2017/02/20/140448115/keputusan.sidang.kppu.yamaha.dan.honda.terbukti.kartel.

#ECOANALYSIS
#RESEARCHDIVISION
#HIMAESPFEBUNPAD
#60YearsofFEBUnpad
#LeadingandInspiring

kartel-Recoveredjeniskartelmengapakartel21mengapakartel2yamahahonda

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s