>Catatan Pada Rapat Persiapan Visitasi Akreditasi Jurusan IESP Unpad

>[Bandung, 16 Mar 2010]

Jurusan IESP Unpad pada hari Senin, 15 Maret 2010 mengadakan acara Rapat Persiapan Visitasi Akreditasi Jurusan oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi di B1, FE Unpad. Acara yang dihadiri oleh 31 mahasiswa IESP ini dibuka oleh Pak Ferry Hadiyanto selaku Plt. Ketua Program Studi IESP Unpad dan didampingi oleh Pak Bagdja selaku Sekretasis Program Studi IESP Unpad.

Pada kesempatan ini, Pak Ferry juga membacakan visi dan misi dari program studi IESP Unpad. Dimana hal ini merupakan sebuah guideline dari jurusan IESP Unpad dalam melaksanakan proses belajar mengajar dan pengabdian kepada masyarakat.

Visi :
Menjadi pusat pendidikan dan pengembangan ilmu ekonomi yang diakui keberadaannya di Indonesia dan Asia pada tahun 2020, serta dunia internasional pada tahun 2026.

Misi :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan berdaya saing, yaitu lulusan yang memiliki kemampuan analisis ekonomi yang baik (analytical skills) dan mampu berkarya saat mereka bekerja (practical skills).
  2. Menghasilkan karya di bidang ekonomi yang dipublikasikan atau didiskusikan di forum nasional dan internasional.
  3. Memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat didasarkan atas hasil pengkajian, penelitian, dan pengabdian, yang selanjutnya mampu diimplementasikan oleh pengambil kebijakan di pemerintah pusat/daerah, sektor publik atau sektor swasta.

Berdasarkan visi tersebut kita bisa mendapatkan angka 10 tahun dan 16 tahun dimana jurusan mempunyai waktu 10 tahun untuk melebarkan sayap menjadi jurusan yang diakui di level Asia dan 16 tahun untuk mencapai pengakuan di level internasional. Salah satu barometernya adalah dengan dibukanya kelas Bahasa Inggris serta nantinya dengan bergabungnya mahasiswa dari luar yang akan berkuliah di Jurusan IESP Unpad pada program undergraduate-nya (S1).

Pada kesempatan ini, Pak Ferry juga menekankan pentingnya menambah kemampuan akademik serta kapasitas diri selama masih menjadi mahasiswa di jurusan IESP Unpad. Program studi telah mengupayakannya melalui pengadaan kelas bilingual, support dari program studi terhadap kegiatan-kegiatan Himpunan yang bersifat capacity building dan juga yang berhubungan dengan pengabdian kepada masyarakat. Penambahan kemapuan analisis juga dijembatani dengan penambahan mata kuliah yang bersifat topik khusus dan mata kuliah pendukung dari mata kuliah peminatan tersebut seperti Evaluasi Proyek, Ekonomi Regional, Ekonomi Perencanaan dan sebagainya.

Sekadar gambaran terakhir tentang Akreditasi jurusan IESP UNPAD. Pada tahun 2004, IESP Unpad mendapatkan akreditasi A dan saatnya sekarang kita membertahankan akreditasi A tersebut.

Kandank Ilmu Team

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s