Penelitian di Luar Negeri Melalui Program API Fellowships

The Nippon Foundation bekerja sama dengan Pusat Penelitian Sumber Daya Regional-LIPI mengadakan Program Asian Public Intellectuals (API) Fellowships. Program ini menawarkan sejumlah dana penelitian (non gelar akademik) di luar negeri. Negara tujuan tempat dilakukannya kegiatan penelitian adalah Jepang, Thailand, Filipina dan Malaysia sebagai negara-negara peserta Program API. Untuk itu, kami mengundang peneliti, dosen, wartawan, aktivis, guru, mahasiswa, artis dan profesi lain yang berminat untuk melakukan penelitian di negara-negara tersebut. Periode penelitian berlangsung antara 1 (satu) sampai 12 (dua belas) bulan, tergantung pada kategori usia pelamar, dimulai dari tanggal 1 Juli 2010 dan berakhir tanggal 31 Juli 2011.

Program API Fellowship terdiri dari 2 (dua) kategori berdasarkan usia pelamar. Pelamar berusia 40 tahun ke bawah terhitung tanggal 31 Agustus 2009 disebut The API Fellowships. Lama penelitian yang dapat dilakukan mulai dari 4 (empat) sampai 12 (dua belas) bulan. Pelamar dengan kategori The API Fellowships boleh melakukan penelitian di 1 (satu) sampai 2 (dua) negara peserta program.

Pelamar yang berusia 40 tahun ke atas terhitung tanggal 31 Agustus 2009 disebut The API Senior Fellowships, dengan masa penelitian mulai dari 1 (satu) hingga 12 (dua belas) bulan. Pelamar dengan kategori The API Senior Fellowships boleh melakukan penelitian di 1 (satu) sampai 4 (empat) negara peserta program.

Tema-tema penelitian untuk Program API 2010-2011 adalah sebagai berikut:
1. Perubahan Identitias dan Konteks Sosial, Sejarah dan Kebudayaan
2. Refleksi Mengenai Kondisi Kemanusiaan dan Upaya Mewujudkan Keadilan Sosial
3. Globalisasi: Struktur, Proses dan Alternatif

Proposal dan dokumen (hard copy) yang diminta sudah harus masuk ke Lembaga Mitra API Indonesia paling lambat tanggal 31 Agustus 2009 (bukan cap pos). Pelamar yang proposalnya memenuhi syarat dan mendapatkan rekomendasi dari Dewan Seleksi Nasional untuk seleksi tahap berikutnya, akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti wawancara pada pertengahan Oktober 2009. Biaya transportasi dan akomodasi peserta wawancara yang berasal dari luar Jabodetabek ditanggung oleh penyelenggara. Pemberitahuan hasil seleksi dilakukan pada bulan Februari 2010.

Proposal HARUS dilampiri dengan; Applicaton Form (dapat diperoleh dari website API: http://www.api-fellowships.org), CV, Surat Pengenalan Diri dan dua (2) buah Surat Rekomendasi. Proposal dan seluruh dokumen harus ditulis dalam Bahasa Inggris.

Informasi lebih lanjut tentang Program API Fellowships dapat diperoleh dari website API http://www.api-fellowships.org
Atau dapat menghubungi Lembaga Mitra API Indonesia:
Dr. John Haba / Robert Siburian M.Si / Dr. Yekti Maunati / Hasni
Widya Graha LIPI
Lt. 9 dan 3
Jl. Jend. Gatot Subroto 10
Jakarta
Telp : 021-5251542 ext. 680, 753 / 021-5265152
Email : darahkubiru@yahoo.com, robert_siburian@yahoo.com, yektim@yahoo.com, snie_dain@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s