>Sosialisasi Program Magang Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Departemen Keuangan (Depkeu)

>

Kiri-Kanan: Bapak Sulaeman (PD3), Ibu Ernie (Dekan), Bapak Andi (BKF), Bapak Kodrat (Kajur ESP) dan Ibu Ary Ratna (BKF/ESP 2004)



Pada tahun anggaran 2009 ini, Departemen Keuangan melalui Badan Kebijakan Fiskal (BKF) akan mengadakan program magang kepada mahasiswa yang akan menulis skripsi. Program ini akan difasilitasi dengan pemberian beasiswa bagi mahasiswa tersebut. Program magang ini adalah pilot project dari Departemen Keuangan yang melibatkan 3 universitas di Indonesia, yaitu; Universitas Padjadjaran (UNPAD) Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Itulah yang disampaikan oleh Bapak Andi dari BKF pada acara sosialisasi program magang BKF ini pada hari Selasa (10/02/09) di ruang rapat Gedung A FE UNPAD. Hadir juga pada acara tersebut Dekan FE UNPAD Prof. Dr. Hj. Ernie Tisnawati Sule, SE.M.Si, Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan (PD3) Dr. H. Sulaeman Rachman Nidar, SE.MBA., dan Ketua Jurusan ESP UNPAD Dr. Kodrat Wibowo, SE. dari Fakultas dan juga dihadiri oleh perwakilan dari BEM FE, HIMA Manajemen, HIMA Akuntansi dan HIMA ESP UNPAD yang diwakili oleh Syarief Achmad (Korbid Pengembangan), Aditia Febriansyah (HRD) dan Yangki Imade (RnD). Pada kesempatan ini hadir juga Ary Ratna (ESP 2004) yang sekarang telah bergabung bersama BKF yang memberikan pengalam kerja di BKF setelah 1 bulan bergabung.
Acara dimulai dengan penjelasan dari BKF tentang Program Magang, dan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara perwakilan mahasiswa dengan narasumber.

Diantara kesimpulan yang kami rangkum;

  1. Program magang adalah salah satu upaya dari Depkeu khususnya BKF untuk menjembatani mahasiswa dengan dunia kerja.
  2. Program magang dilakukan selama 6 bulan dimana kewajiban mahasiswa adalah sebagai seorang pegawai Depkeu yang dibayar dan diwajibkan untuk menyelesaikan skripsi dengan dukungan akses data yang terlengkap di Indonesia.
  3. Dalam jangka waktu 6 bulan, selesai atau tidak selesai skripsi tersebut program magang harus selesai.
  4. Evaluasi program magang akan menentukan program magang periode-periode selanjutnya.
  5. Mahasiswa yang menunjukkan kinerja yang sangat bagus selama program magang tidak tertutup kemungkinan akan diajukan menjadi pegawai tetap Depkeu.
  6. Skema penentuan mahasiswa yang layak untuk ikut program magang sedang disusun oleh Bapak Kodrat Wibowo bersama dengan timnya.
  7. Tunggu pengumuman lebih lanjut tentang program ini di Kandank Ilmu.

Situs : BKF

2 comments

  1. >Yth Bapak/Ibu terkait program magang ini, saya ingin bertanya mengenai..apa nantinya kesempatan untuk mendaftar prog.magang ini nantinya hanya untuk mahasiswa program studi ekonomi atau keuangan saja? karena saya mahasiswa program studi geografi juga ingin mencoba program ini,terimakasih sebelumnya, salam hormat saya,mia

  2. >Karena program magang adalah program baru dari Depkeu.Untuk pilot project ini, yang menjadi rekan dari Depkeu adalah UI, UGM, UNPAD (Fakultas Ekonomi), karena yang mengadakan adalah Badan Kebijakan Fiskal, mereka prioritaskan orang-orang dari Fakultas Ekonomi yang belajar tentang kebijakan Fiskal.Thanks to Harmia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s